05 April 2009

INTERNET dan MEDIA MASSA SAMA!!


Pernyataan diatas akan membuat banyak orang bertanya apakah intenet masuk dalam kategori sebuah media massa? Dalam hal ini media massa merupakan sebuah lembaga yang berporos pada kegiatan jurnalistik, kegiatan jurnalistik ini sendiri berarti mencari, mengumpulkan, menelaah bahan-bahan tulisan (fakta dan data) untuk dijadikan berita atau informasi. Kurang lebih inilah makna dari kegiatan jurnalistik tersebut. Sedang media massa sendiri adalah sebuah media yang menghasilkan berita atau informasi dikerjakan oleh para orang-orang yang berkegiatan jurnalistik untuk dirangkai menjadi satu kumpulan berita dan di publikasikan atau diinformasikan kepada khalayak banyak.

Apakah internet masuk dalam kategori ini? Mari kita telaah lebih lanjut. Internet ialah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer lain dengan jumlah banyak. Internet tecipta pada tahun 1969. Ini dikarenakan sebuah Departemen Amerika Serikat atau bisa disebut DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) merasa terancam dengan isu adanya perang nuklir sehingga butuh untuk mengamankan data data penting negaranya dan hanya bias menghubungkan dengan 10 komputer saja. Pada tahun itu internet bernama ARPANET.


Pada akhirnya setelah melalui banyak tahapan, ARPANET berubah menjadi internet yang dikenal dan banyak di pakai oleh masyarakat luas sekarang ini berkat seseorang yang bernama Tim Berners Lee dengan pemikirannya yang cemerlang dia menemukan sebuah program editor bernama world wide web atau www yang bisa menghubungkan lebih banyak komputer dan membentuk sebuah jaringan tanpa ada batas jarak dan waktu dan berubah juga fungsi dari intenet itu sendiri karena sudah melalui banyak perubahan.


Inilah internet yang berkembang pada saat ini dengan world wide web, konsumen dapat menjelajah dan mendapatkan informasi-informasi sebanyak-banyaknya dari seluruh dunia. Tapi disini kami akan membahas internet termasuk dalam media massa atau bukan? Media massa ada dua kategori, satu adalah media cetak contoh adalah koran dan majalah, kedua adalah media elekrtonik contoh radio, televisi. Dari dua kategori tadi masing-masing media mempunyai cara sendiri untuk menyampaikan beritanya, majalah dan koran: media ini menampilkan informasi beritanya berupa sebua tulisan dan foto sedangkan tv dengan visualisasi dan audio, serta radio penyampaiannya hanya dengan audio saja.


Tujuan komunikasi itu adalah guna dari internet sekarang ini penggunaan yang sudah mulai mendunia ini sangat berpengaruh pada zaman sekarang dan sudah bukan menjadi barang baru bagi masyarakat yang mengerti akan tujuan internet ini. Internet tidak lepas dari komunikasi dan informasi.


Internet banyak menampilkan informasi atau dapat berkomunikasi dalam segala bentuk. Ada yang berupa tulisan, visualisasi, foto, audio, dll. Tapi itu berupa konteks yang sangat luas. Sangat banyak sekali kegunaan internet sendiri. Internet sebagai medium komunikasi menghubungkan satu sama lain tetapi dengan berbeda tujuan karena di dalamnya banyak aplikasi-aplikasi yang bergerak di bidangnya masing-masing.


Dari sinilah menurut kami bahwa internet bukanlah sebuah media massa melainkan medium komunikasi. Karena di dalamnya tidak terdapat sebuah kegiatan jurnalistik yang merupakan salah satu syarat dari sebuah lembaga media massa. Melainkan didalam internet inilah ada sebuah aplikasi berbentuk media massa yang berkegiatan jurnalistik. Dengan informasi dalam bentuk berita(fakta) yang bertujuan untuk menginformasikan ke khalayak.


Sebuah pernyataan yang sedikit rumit tetapi inilah adanya bahwa internet hanyalah sebuah medium yang bergerak dibidang komunikasi yang didalamnya terdapat banyak sekali aplikasi, salah satunya adalah media massa. Jadi internet yang bermakna luas ini belum bisa dimasukan dalam kategori media massa. Dan mungkin internet ini termasuk dalam kategori multi media dengan perbedaan-perbedan dalam mekanisme didalamnya.


2 komentar:

  1. mantep2...
    keren glar..tampilannya jadi nilai plus nih..
    ada gem pac mannya segala, gw jadi main dulu tadi sbntar mpe level 2 ...hahahhaahha..

    tulisan tentang intenetnya juga bagus..

    keren glar..
    kalau gw k bandung, gw nanya k lu glar tempat makan yang manteb..ok,,aahhahaaha

    BalasHapus